belajar bisnis online

 

Apakah teman2 sedang mencari cara belajar bisnis online dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan disamping pekerjaan utama teman2? Atau, apakah teman2 juga sedang mencari peluang usaha yang bisa dikerjakan lewat internet?

Tenang, teman2 berada di tempat yang tepat, dan teman2 tidak sendirian. Banyak orang-orang di luaran sana yang sedang melakukan hal serupa. Termasuk aku dewe wekekeke

Internet yang saat ini memunculkan dunia maya, ternyata mampu mendorong kita untuk membangun bisnis dengan lebih cepat dan dapat dijadikan sumber penghasilan utama tanpa ribet.

Nah, disini saya akan berbagi pengalaman tentang bagaimana mengawali usaha melalui internet, plus langkah-langkah yang diperlukan ketika memulai bisnis online, yakni hal-hal inti yang penting untuk dilakukan supaya usaha teman2 bisa langsung dijalankan.

Simak perjalanan yoshugi media berdiri.

bisnis online shop

Jadi begini ceritanya kita kembali ke 2012

Saya masih ingat, dulu waktu pertama kali memulai bisnis online segala sesuatunya tampak seperti nya enak dan mudah. Namun kenyataannya sangatlah tidak semudah itu pernando. Awal mula yoshugi didirikan hanyalah kantor kecil dengan 1 karyawan, lalu hanya mempunya omset yang kecil. Dulu kita bermain google adsense, amazon dll, lalu kita juga pernah bermain affiliate network bahkan bermain Pay Percall tech support yang sering bikin virus itu loh hehe.

Namun saya ingin memiliki usaha yang sukses dengan nama brand sendiri, tetapi masalah muncul di beka saya. banyak sekali pertanyaan dipikiran saya, seperti dibawah ini unek2 saya.

Bisa nggak ya bisnis online itu dijalankan agar sukses?
Cocok apa nggak ya buat saya lakukan?
Langkah apa saja yang perlu saya tempuh supaya bisa sukses membangunnya?
Berapa modal yang dibutuhkan dalam usaha nanti?
dan banyak sekali pertanyaan yang muncul pada saat itu.

Dari semua bisnis lama yang saya kerjakan masih ada juga yg dipertahankan, walau sekarang dengan perusahaan saya sendiri sudah mengenal Facebook ads, google ads dll, serta punya reseller sendiri. Sekarang saya lebih suka memasarkan produk sendiri dan bahkan saya akan lebih fokus ke pengembangan UMKM lokal agar bisa menjadi lebih baik. Sebenarnya kita dapat cepat sekali keluar dari zona umkm jika mengerti bisnis yang kita kerjakan.

Tips untuk memulai Belajar Bisnis Online

1. Miliki Mindset Bisnis Yang Benar

Kata-kata itu mungkin sudah sering kita dengar, tapi ingat, yang hendak kita lakukan adalah membangun BISNIS, sehingga memiliki mindset bisnis yang benar dan sikap mental yang positif, adalah PENTING.

Kita juga harus berpikir untuk membangun aset, dimana aset itu nantinya yang akan bekerja untuk kita.

Jangan sampai ketika kita sudah berhasil membangun usaha sampai susah payah, namun akhirnya mengorbankan hal-hal lainnya hanya karena kesibukan kita mengurus bisnis. Teman2 tentunya juga ingin memiliki waktu bersama keluarga, orang-orang tercinta, atau melakukan hal-hal bermanfaat lainnya bukan?.

Yang Perlu Diperhatikan Saat Memulai Bisnis Online

bisnis online shop

Sama seperti jenis bisnis lainnya, ketika kita memutuskan untuk membangun bisnis online pastinya ada beberapa hal yang harus kita perhatikan, seperti:

  1. Modal.
  2. Produk yang akan dijual.
  3. Pasar yang akan disasar.
  4. Strategi pemasaran.
  5. Kelangsungan bisnis dan tren bisnis.

Untuk itu, sebelum memikirkan hal-hal tersebut, mari benahi dulu mindset teman2, yakni cara berpikir teman2. Faktor penentu kesuksesan suatu bisnis, 98% ditentukan oleh kualitas pribadi manusia. Ini adalah hal-hal yang sifatnya non-teknis, dan sisanya adalah yang sifatnya teknis.

teman2 bisa saja mempunyai keahlian membuat suatu web yang canggih, dengan berbagai fitur dan tampilan yang keren, atau bisa saja teman2 sangat ahli dalam suatu bidang. Namun jika teman2 tidak mempunyai visi terhadap kemampuan teman2 sendiri, tidak mempunyai semangat untuk belajar dan bertahan, ya sama saja, bisnis teman2 akan segitu-segitu saja.

Niatkan supaya usaha teman2 nanti bisa memberikan manfaat bagi orang-orang di seteman2r teman2, dan juga bagi kebaikan sesama. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menemukan alasan mengapa Anda berbisnis online.

2. Belajar Bisnis Online Mulai Dengan Berjualan

Mulai dengan berjualan bukan dari bisnis apa yang tepat. kenapa begitu, tahapan awalan ini akan lebih banyak berhubungan dengan jualan, karena sebelum benar-benar kita menjalani suatu siklus bisnis, kita harus berlatih menjual. Khususnya dalam hal ini adalah jualan lewat internet.

Bagaimana Cara Menemukan Ide Produk?

Pas sudah semangat mau mulai belajar bisnis online dan jualan, seringkali teman2 malah bingung, mau jualan apa ya?

Nah, berikut ini adalah beberapa tips cara menemukan ide produk yang mau dijual. Mulailah dengan yang simple-simple saja dulu.

Carilah apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, carilah apa yang dibutuhkan oleh orang-orang di seteman2r teman2.
teman2 adalah problem solver, teman2 adalah perantara solusi dari permasalahan orang-orang.
Tukar manfaat yang bisa teman2 berikan, menjadi sebuah bentuk transaksi yang saling menguntungkan.
Kebanyakan orang salah langkah pada tahapan ini.

Mereka terlalu berfokus pada produknya dulu, bukan pada kebutuhan orang-orang, sehingga bahkan banyak yang tumbang sebelum mencapai penjualan pertama.

Saran saya, lakukanlah riset produk, dan sebisa mungkin carilah produk-produk yang cepat laku dan perputarannya cepat. Artinya banyak yang membutuhkan atau ada pasarnya.

Bukan apa-apa sih, tetapi kalau produk teman2 yang membutuhkan terlalu sedikit atau pasarnya sempit, biasanya teman2 akan mudah menyerah karena dagangan tidak kunjung laku.

Maksud saya, rasanya kegiatan jualan dan bisnis teman2 akan lebih terasa greget serta menggairahkan jika dikit-dikit HP teman2 berbunyi atau INBOX email teman2 penuh dengan email pemesanan produk / jasa teman2.

Apa Saja Produk Yang Bisa Dijual Secara Online

Mengenai jenis produknya, bisa berbentuk produk fisik, jasa, ataupun digital.

  1. barang fisik, sabun herbal, obat herbal, jam tangan, smartphone, motor, mobil, makanan, pernak-pernik aksesoris, rumah dan bangunan, dan apa saja yang bisa Anda tangkap.
  2. produk digital, bisa berupa pulsa, ebook, produk-produk informasi, kursus online, software.
  3. jasa, bisa dengan menyediakan jasa pembuatan website, jasa online marketing, rental mobil, agen tour & travel, agen umroh & haji, jasa pembayaran tiket pesawat dan kereta api, dan jasa-jasa yang lain.
  4. Tidak usah terlalu detil, yang penting Anda mempunyai gambaran besar mengenai rencana Anda dan memahami pola pemasaran online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *